Jumat, 23 Juli 2010

Solder, Ember, dan Es Batu Jadi Alat Overclock

Detik.com
Dalam sebuah kontes overclock di Jakarta, komputer dipaksa bekerja keras hingga batas maksimalnya. Tak cukup hanya mengandalkan kipas angin untuk pendingin, ember dan es batu pun dijadikan alat bantu wajib.

Kontes yang dinamakan Master Overclocking Arena (MOA) itu berlangsung di Planet Hollywood, Jakarta. Kemarin, kontes ini tengah memasuki babak penyisihan. Dari sepuluh peserta overclock yang bertanding, hampir semuanya mengunakan peralatan yang dibawa sendiri dari rumah.

Misalnya saja pendingin prosesor. Dalam kontes tersebut, sebuah pendingin prosesor berbasis kipas terbilang sudah tidak mencukupi. Maka tidak heran jika para peserta kemudian menggunakan pendingin yang menggunakan cairan.

Lantas apa fungsi air dan ember dalam kontes tersebut? Karena suhu prosesor yang bakal kelewat tinggi, maka para peserta menyediakan sebuah ember yang dipenuhi dengan air dan es batu untuk dijadikan tempat sirkulasi air pada pendingin. Alhasil, suhu prosesor pun tetap terjaga meski digeber hingga kepatan maksimal.

detikINET yang mengamati acara ini menyaksikan, selain membawa ember dan es batu, peserta juga terlihat membawa sebuah solder yang digunakan untuk mengubah voltase dari kartu grafis. Ya, kompetisi ini memang tidak hanya "menyiksa" prosesor namun juga kartu grafis yang telah disediakan oleh penyelenggara.

0 komentar:

Posting Komentar

 

My Blog List

Followers

Recommended Gadget

  • ads
  • ads
  • ads
  • ads

Masieh Adha Adjah Copyright © 2009 Gadget Blog is Designed by Ipietoon Sponsored by Online Business Journal