Kamis, 07 April 2011

PC / Laptop Lambat? Mungkin Ini Bisa Membantu


Banyak sekali yang mengeluh tentang kecepatan PC dan laptop. Apakah Anda tahu jika ditanya soal ke-lambat-an PC / Laptop jika salah satu dari mereka bertanya kepada Anda? Jika belum, semoga beberapa tips di bawah ini bisa sedikit membantu jika saja ada yang bertanya kepada Anda. Silakan menyimak.
  1. Biasanya komputer lambat disebabkan oleh banyaknya program yang berjalan di background. Coba cek di system tray yang berada di sebelah pojok kanan bawah taskbar komputer Anda. Aplikasi yang tidak berguna terkadang terpampang disana, kita tidak menggunakannya, namun masih juga disana? Mending musnahkan saja. Caranya Klik Start > Run > msconfig, dan matikan saja yang tidak penting dan minimalkan start up Anda.
  2. Yang selanjutnya, yaitu icon pada desktop. Ada juga yang sangat memasang icon-icon pada desktopnya, dan kalau ditanya "kenapa kok icon-mu banyak banget?", ada juga yang jawabnya "biar nyeni". Padahal nyatanya nggak nyeni-nyeni amat kan? Nah, sebaiknya minimalkan lagi penggunaan icon pada desktop Anda dengan cara delete saja icon-icon yang tidak berguna, tak mesthi sehari sekali kan icon-icon tersebut dipakai? Atau malah hilangkan saja semuanya dengan cara klik kanan pada desktop > Arrange Icons By > hilangkan saja centang pada Show Desktop Icons.
  3. Yang ketiga adalah antivirus. Bisa diibaratkan seperti motor koplingan (nemu ibaratnya) emang keren, tapi susah juga make-nya (boros pula). Banyak sekali antivirus yang sudah mempunyai nama-nama tenar di pasaran itu mengkonsumsi memory yang nggak nahan deh pokoknya. Ada juga sebagian orang yang malah menggunakan 2 (dua) antivirus atau bahkan lebih, biar lebih kebal katanya. Kecuali PC / laptop Anda Alianware, hal ini tidak kami sarankan. Solusi untuk soal ini tergantung dari resource PC/Laptop masing2, jadi cukup relatif; gunakan yang sesuai dengan resource/RAM/Memory anda saja, dan pakenya 1 aja lah.
  4. Penyebab keempat adalah wallpaper. Untuk solusinya, usahakan saja pakai gambar dengan resolusi maksimal sesuai dengan resolusi maksimal monitor Anda, jangan lebih. Dan biasanya gambar .png lebih berat dibandingkan dengan gambar .jpg.
  5. Selanjutnya adalah program "optimize" why I put up this one here? oke, karena dari pengalaman, kebanyakan program yang memiliki kata "optimize" - dan sinonim serta kawan kawannya- hanya akan memenuhi memori, and at best, do nothing at all. solusinya, jangan diinstall.
  6. Yang terakhir adalah program. Sebagai contoh saja dalam instalasi Microsoft Word. Sebenarnya sudah ditawarkan kepada Anda semuanya kan? Mau diinstal keseluruhan atau sebagian saja dari Microsoft Office-nya. Tapi, kebanyakan orang tidak menghiraukan itu, dan langsung saja, instal semuanya. Solusinya, perhatikan segala yang ada, janga ceroboh aja ambil langkah. Seperti yang di atas tadi, minimalkan penggunaannya. Kalo emang nggak penting, ngapain juga diinstal segala, toh, juga gak mesthi dipake kan yang Microsoft Office yang lain?
Berikut ada sedikit rekomendasi dari temen.
  1. Microsoft Security Essential : antivirus gratis dari mikocok, saya pake sejak setahun lalu, no virus, no problemo-it just work; enteng pulak (cuman 88k)
  2. Everything desktop search : ini aplikasi search buat desktop yang luarr biasa enteng, cepet, kecil pulak. mungkin google desktop lebih baik (bisa nampilin dokumen preview, dkk) tapi yang saya tahu ini lebih enteng
  3. CCleaner : program buat bersih bersih sampah komputer, mulai dari history, cache, cookies (harhgsdnas, apaan tuh?) dan kawan kawan lainnya. cukup enteng dan fiturnya lumayan komplit dibandingkan aplikasi lain sejenis
  4. SumatraPDF : buat baca file2 pdf, sejauh yang saya tahu ini yang paling maknyuss
  5. Foobar2000 : music player yang "just work", tidak ada fitur aneh2 (equalizer aja ga ada presetnya, ahahahahaha), tapi FULL CUSTOMIZABLE. di tangan yang tepat, ini bisa jadi audio player yang super powerfull
kalo mau cari program-program diatas, tanya om google aja ya :D

0 komentar:

Posting Komentar

 

My Blog List

Followers

Recommended Gadget

  • ads
  • ads
  • ads
  • ads

Masieh Adha Adjah Copyright © 2009 Gadget Blog is Designed by Ipietoon Sponsored by Online Business Journal